Tenaga Medis Rawat Pasien Corona Jangan 60 Tahun ke Atas

Rawat pasien Corona

TOPMETRO.NEWS – Rawat pasien Corona (Korona) tenaga medis berusia 60 tahun sebaiknya tak terlibat menangani pasien virus Covid-19. Memang, tenaga medis dan perawat menjadi garda terdepan dalam menangani pasien terjangkit virus ini. Namun justru hal itu membuat mereka rentan terpapar. Terlebih bagi tenaga medis yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Tak sedikit tenaga medis yang ikut meninggal dunia lantaran tertular.

Rawat Pasien Corona Bukan usia 60an

Terkait hal itu, Andres Manuel Lopez Obrador, Presiden Meksiko, Jumat (17/4/2020) waktu setempat meminta pekerja medis yang berusia 60 hingga 65 tahun kembali ke tugas semula yakni merawat pasien bukan pengidap virus Korona. Itu guna membantu sistem kesehatan menangani perkiraan lonjakan kasus virus tersebut. Selain itu, tentunya mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Dalam Kondisi Sehat

Tercatat sekitar 20.000 perawat dan dokter dalam kondisi sehat yang memenuhi kriteria untuk terjun langsung menangani Covid-19. Demikian seperti yang disampaikan Andres Manuel Lopez Obrador saat konferensi pers.

Mereka akan bertugas mulai 23 April hingga 23 Mei sehingga petugas medis yang lebih muda bisa disiagakan untuk menghadapi kasus Covid-19. Presiden memperkirakan mencapai puncaknya pada 10 Mei di ibu kota padat penduduk Mexico City dan daerah sekitarnya.

BACA ARTIKEL ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Menurut perkiraan, kami memperhitungkan bahwa jumlah rawat inap akan meningkat, dan begitu pula dengan pasien di unit perawatan intensif,” kata Lopez Obrador sebagaimana dilansir JawaPos.

Sejauh ini Meksiko telah mencatat 6.297 kasus Covid-19 dengan 485 kematian. Otoritas terus mendesak masyarakat agar tetap berada di rumah guna mencegah lonjakan kasus infeksi, yang dapat membuat sistem kesehatan menjadi kewalahan.

Pekerja pemerintah di atas usia 60 tahun, termasuk staf medis, telah diberi tahu agar tetap berada di rumah sebagai langkah pencegahan untuk melindungi kesehatan mereka. Otoritas kesehatan Meksiko menyebutkan mereka dengan usia di atas 60 tahun bisa sangat rentan terkena komplikasi akibat virus Korona.

reporter | Dpsilalahi
sumber | JawaPos

Related posts

Leave a Comment